baterai dan perawatan

Pertama kita kenali dulu beberapa tipe baterai yang ada di ponsel dari jaman baheula ampe jaman kuda kaya sekarang..

Memori Efek

efek ini adalah efek dari baterai yang mengingat jumlah isi ulang dari baterai. Misal, kita isi ulang baterai sebelum isi baterai benar-benar habis(misal lagi, sisa 20%), maka baterai akan mengingat kalau kosong ya segitu. Hal yang sama juga terjadi pada saat kita melakukan isi ulang baterai apabila tidak sampai penuh, misal kita cuma isi baterai sampai 70% saja, maka si baterai akan mengingat kalau penuh ya 70% bukan 100%. jadi kita kehilangan kapasitas sebesar 30%.

NiCd (Nikel Cadmium)

Baterai ini ada di jaman dulu dan punya efek samping berupa memori efek. Baterai ini punya kapasitas besar, makanya ukuran baterai pun juga besar. Kalo pernah tau hape yang jaman dulu yang ericsson gede-gede itu, nah tu hape pake baterai yang kayak gitu. Oh ya, tipe baterai kaya gini kudu ampe kosong baterainya baru bisa diisi ulang. Jadi kalo ga ampe abis dulu, ntar ni baterai makin kurang kapasitasnya karena adanya memori efek. Keunggulan baterai ini bisa diisi berlebihan(lebih dari waktu seharusnya pengisian ulang). Efek dari pengisian yang tidak sesuai prosedur yang berlaku (halah gaya kata-katanya) akan memendekkan usia hidup si baterai.

NiMH (Nikel Metal Hydride)

ini baterai sodara dari si NiCd. Cuma memori efek di baterai ini hanya berlaku sementara. Jadi kalo kita isi ulang sebelum habis (sisa 20%), maka memori efek cuma berlaku sampai diisi ulang berikutnya (jika habis benar). Efeknya akan terasa pendek masa hidup si baterai jika kita masih menyisakan isi baterai. Tapi jika kosong lagi ya ilang dah si efek tadi.

Li-Ion (Lithium Ion)

baterai yang paling sering kita temui di hampir semua jenis hp (hape) dan laptop adalah tipe baterai ini. Baterai ini sudah tidak memiliki memori efek, sehingga kapan pun kita isi ulang si baterai ya oke aja. Hanya tipe baterai ini sebaiknya tidak diisi berlebihan karena dapat memendekkan usia baterai. Tapi, kita sering disuruh untuk melakukan isi ulang pertama selama 8 jam ketika kita membeli hape. Sebenarnya ini tindakan yang tidak bermanfaat karena malah memendekkan usia baterai. Jadi cukup isi ulang baterai sampai indikator menunjukkan bahwa baterai telah penuh saja.

Lithium Polymer

baterai paling canggih lah. Bisa dibilang begitu karena baterai ini lebih irit daripada Li-ion. Baterai jenis ini biasanya dipake oleh Sony Ericsson (hampir semua). Baterai ini punya sifat terbalik dari dua nenek moyang baterai di atas (nikel). Baterai ini jangan sampai kosong sama sekali atau sampai mati ketika digunakan karena akan sulit membangkitkannya lagi (belum tau seperti apa, maaf) bisa memperpendek usia juga tentunya.

Merawat Baterai (hape dan laptop)

  1. jangan gila kalo ngecas, terutama si ion.

  2. Jangan ampe dipegang bagian kuning yang ada di baterai (konektor yang ada di hape juga)

  3. jangan dibanting(gila kalo ada yang ngebanting mah) alias kebentur benda keras.

  4. Jangan dijemur tu baterai, malah ngerusak kalo di jemur.

  5. Jangan terlalu sering ngecas baterai akan bikin baterai lebih awet tentunya karena makin sering cas makin pendeklah usia si baterai. Jadi ya irit dengan cara apapun, pinjem baterai teman terus foya-foya, ga pasang baterai kalo pake dalam jangka waktu lama (laptop, hape belum pernah coba), dan berbagai cara hemat lain yang bisa dikarang sendiri.

Sekian dari saya, kurang lebih mohon maaf(kaya pidato)..

About these ads

6 thoughts on “baterai dan perawatan

    1. kopas palalu!!!

      gw baca dan gw tulis seingat gw…gimana YuL???bermanfaatkan???
      oh iya, laptop dan hape untuk urusan baterai sama aja perlakuannya…

    1. kalau tipe LI-Poly…bener jangan mpe kosong tu tenaganya…kalau kejadian kasian tu chargernya,bisa ambrol…ngisinya setengah mate….tapi kalau keadaan full energy ..wah Li-Poly ga ada tandingannya….karna gua punya LI-Poly untuk main Mobilan QD tu…yah lumayan Haraganya 800rb tuk yang 8000mA….trus kalau di pake di hp .mungkin 1 bulan ga ngecas2 wkwkwkkwk…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s