Makharijul Huruf atau tempat asal keluar huruf (lanjutan)

15. Dha: asal dari bunyi huruf yang bentuknya sama seperti sha ini berasal dari pertemuan gigi geraham (kanan atau kiri) dengan lidah bagian samping. huruf ini dibaca ringan tidak ditekan. sering orang salah dalam membaca huruf ini ketika ‘mati’, terdapat pantulan atau hukum qalqalah, padahal huruf ini tidak memiliki hukum itu.

16.tha: huruf yang memiliki hukum qalqalah ini dibaca dengan cara mempertemukan ujung lidah dengan pangkal gigi seri (dekat dengan gusi).

17. dzha: cara membaca huruf ini sama seperti dza, hanya terdapat perbedaan pada penekanan hurufnya saja.

18. ‘ain: huruf hijaiyah yang seperti angka 3 (tiga) terbalik ini berasal dari ujung tenggorokan. guru saya pernah mengajarkan cara membacanya dengan menutup hidung, jika tidak terdengar suara huruf ‘ain maka belum disebut berhasil.

19. ghain: huruf ini sebenarnya tidak memiliki hukum qalqalah tapi sayangnya banyak orang yang membacanya dengan cara qalqalah ketika huruf ini ada di akhir kalimat. cara membacanya, huruf ‘g’ biasa dengan sedikit rasa ‘h’. sumbernya berasal dari pangkal lidah bertemu dengan langit-langit di mulut.

20.fa: cara membaca yang sama seperti huruf ‘f’. merapatkan gigi seri bagian atas dengan bibir bawah.

21.qa: huruf ini juga memiliki hukum qalqalah, sama seperti ba, ja, da, dan tha. berbeda dengan ‘q’ pada huruf latin, qa pada huruf hijaiyah sangat berbeda dengan huruf ka. tidak boleh ada nafas keluar (hams). sumber bunyinya ada di pangkal lidah dengan langit-langit mulut.

22. ka: cara baca seperti pada ‘k’ latin. hanya saja, terdapat sedikit perbedaan pada saat pengucapannya. huruf ini sedikit mengeluarkan nafas (hams).

23. La: ingat huruf ‘L’ latin.

24. Ma: dibaca seperti huruf ‘m’ biasa.

25. na : huruf ‘n’ latin adalah patokan membaca huruf hijaiyah ini.

26. wa: huruf ‘w’.

27. ha: bunyi huruf ini berasal dari pangkal tenggorokan. yang perlu diingat, huruf ini bukan berasal dari dada. seperti suara orang dengan vokal ‘bass’ (suaranya berat dan dalam)

28. hamzah: huruf yang dibaca seperti huruf alif. tapi ketika huruf ini ada dibagian penutup kalimat, maka kita akan menemukan sedikit penekanan.

29.ya: huruf terakhir ini dibaca sama seperti huruf ‘y’ yang ada pada huruf latin.

sekian saja yang bisa saya tuliskan mengenai teori dalam membaca huruf hijaiyah…status saya yang bukan merupakan seorang ahli di dalam bidang ini sangat mengharapkan kritik dan saran, terutama dari yang lebih ahli…satu hal lagi yang sangat dan paling penting, dalam belajar membaca qur’an dengan baik dan benar seharusnya kita melakukan talaqqi atau belajar langsung pada guru yang memiliki ilmu dan bacaan yang baik dan benar…

About these ads

7 thoughts on “Makharijul Huruf atau tempat asal keluar huruf (lanjutan)

  1. saya masih sulit mengucapkan beberapa huruf seperti dzha
    itu harusnya bagaimana cara mengucapkannya?

  2. untuk belajar pengucapan huruf @elvin sebaiknya belajar langsung dari guru yang menguasai..jika tidak ada, mungkin bisa banyak mendengarkan murottal..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s