tajwid idgham atau idghom

Mumpung lagi ngenet (walau lelet) saya akan menuliskan mengenai tajwid lagi, idgham…

Idgham atau dengung (kalau tidak salah ini artinya dalam bahasa Indonesia) terbagi jadi 2 bagian beranggotakan 6 huruf. 2 huruf termasuk ke dalam idgham bilagunnah dan 4 lainnya ada di idhgam bigunnah. Sebenarnya ada beberapa idgham lainnya tapi inti dari idgham adalah dua bagian ini…

pertama saya akan jelaskan idgham bilagunnah

idgham jenis ini punya dua huruf yakni “lam” dan “ra”. idgham ini akan menghilangkan bunyi dari huruf  “n”  jika bertemu nun mati atau semua huruf yang dibaca an, in, un (tanwin). sebagai contoh, jika ada, “min ladunka” dan seterusnya maka akan dibaca seperti ini “milladunka”. karena huruf yang berbunyi ‘n’ tadi akan melebur jadi huruf  “lam” atau “ra” yang mengikutinya. contoh lain ada di kalimat syahadat pada ALLAH, tidak terdengar bunyi ‘n’. peraturan di bilagunnah adalah 1 harokat pada saat peleburan. bisa perhatikan pada suara adzan.

kedua, idgham bigunnah

Idhgam bigunnah memiliki cara membaca yang sama seperti pada idgham bilagunnah, perbedaanya terletak pada lama membaca huruf idgham yang menyusul setelah bunyi ‘n’. untuk huruf dari idgham bigunnah adalah “mim”, “wa”, “ya”, dan  “nun”. Misal,  “man ya’mal” seharusnya dibaca jadi “mayya’mal”. peraturan harokat di bigunnah adalah sebanyak 2 harokat. jadi huruf yang berada setelah “nun” mati atau tanwin akan dibaca selama kira-kira 2 ketukan.

ada beberapa kata yang tidak boleh atau tidak bisa di baca dengan idgham bigunnah, di antara yang saya ketahui adalah “dunya”, “sinwa”, “bunya”.

sekian pelajaran tajwid mengenai hukum idgham yang saya ketahui, semoga bermanfaat… Jika ada pertanyaan atau kritik saya akan sangat senang…

About these ads

11 thoughts on “tajwid idgham atau idghom

  1. @rensha: sudah ditulis di atas silakan liat lg..atau gampangnya, huruf tanwin hilang langsung masuk huruf stlh tanwin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s