Mahasiswa jangan gitu dong!!!

Mahasiswa atau Mahasiswi adalah panggilan untuk orang yang sedang menjalani pendidikan tinggi di sebuah universitas atau perguruan tinggi.

Kita sudah mafhum, bahwa mayoritas mahasiswa (sarjana) adalah usia muda yang penuh energi untuk melakukan berbagai hal. Mulai dari kuliah, ikut organisasi, demo, dan lain – lain.

Satu hal yang paling disukai mahasiswa adalah mengritik, mengevaluasi, meminta, dan yang mirip – mirip lainnya. Maklum, seorang anak muda memang biasanya tidak suka dengan hal yang sudah biasa, walaupun kadang itu tak menjadi masalah baginya.

Terkadang, mahasiswa terlalu sering meminta dan lupa untuk memberi. Mahasiswa sering berdemo dan berteriak minta penurunan harga BBM (pembatalan), ribut masalah lingkungan lalu terjadi bencana karena masalah lingkungan tersebut. Tapi apakah mahasiswa tidak lupa untuk menghemat BBM, menjaga lingkungan sendiri, dan hal lain yang diminta? Misalnya, dengan berhemat listrik dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi jika tidak terlalu perlu. Peduli terhadap lingkungan sendiri, seperti menjaga kebersihan tempat tinggal (kos).

Hal – hal kecil seperti mematikan lampu ketika tidak digunakan lagi, membersihkan tempat tinggal, ikut kegiatan di lingkungan sekitar, dan lain – lain. Hal yang tampak mudah bukan?

Kadang, kita hanya ingat untuk menuntut dan lupa untuk memberi apa saja yang terbaik yang bisa kita berikan. Saya jadi teringat dengan perkataan salah satu presiden Amerika, “jangan tanya apa yang sudah negara berikan terhadap mu, tapi tanya dirimu, apa yang sudah kau berikan pada negaramu.”. Tidak harus kita ambil maknanya secara utuh pada kata negara. Negara bisa diartikan lingkungan di sekitar kita.

Tulisan ini adalah sekedar pengingat bagi semua mahasiswa (termasuk saya).

Author: aadunjuve

Irawan semoga jadi orangtua sholeh

2 thoughts on “Mahasiswa jangan gitu dong!!!”

  1. YUP SETUJU BANGET!!!
    Terus terang nih aku juga kurang suka sama kebiasaan demo mahasiswa kelas aktivis hehe. Terlalu idealis. aku juga dah nulis tentang ini irawan di blog ku tapi itu arsip dua tahun yang lalu kayaknya pas ada demo mhs memprotes pemerintahan SBY-JK. Opininya mirip2 dengan yang irawan punya ^_^ Keep writing!!!

    1. yah Put, gw mah nulis sekenanya aja.. yang ada di pikiran itu ya tak tulis..daripada sepi,kasian…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s