Anonymous Proxy

Proxy adalah sebuah server yang digunakan untuk menyimpan suatu laman web tertentu dalam jangka waktu tertentu untuk mengurangi akses langsung ke server utama (tujuan). Selain fungsi utamanya ini, proxy server juga dapat digunakan untuk melakukan pembatasan akses internet kepada suatu situs tertentu dengan menghalangi secara langsung atau mem-block-nya ataupun dengan memberikan batasan hak akses internet dengan meminta user name dan password terlebih dahulu sebelum melakukan koneksi internet (kalimat panjang nan rumit). Proxy akan melakukan koneksi lagi ke server tujuan jika laman yang diminta tidak tersedia di proxy server. Nah, laman yang baru diakses inilah yang akan disimpan di proxy untuk menggantikan laman yang terdahulu.

Seorang ‘penjahat’ tak akan pernah kalah apalagi kehabisan akal. Hal yang sama juga terjadi pada proxy server. Walaupun sebenarnya proxy server punya tujuan yang ‘mulia’, yakni untuk mengurangi beban jaringan terhadap suatu server terutama server luar negeri tapi terkadang ada tujuan ‘mulia’ lain yang dikehendaki oleh pengguna internet yang berada dalam suatu jaringan. Ya, seperti facebook, friednster, youtube, dll (situs yang dianggap mengurangi produktivitas kerja). Anonymous proxy dapat menjadi dewa penolong bagi orang yang membutuhkan akses ke situs yang dilarang tersebut.

Anonymous proxy adalah suatu webcache yang dapat menyembunyikan identitas kita saat sedang melakukan koneksi internet. Anonymous proxy ini biasanya menyembunyikan identitas kita seperti IP address, sistem operasi, browser yang dipakai, serta lokasi kita di dalam jaringan. Cara kerja dari anonymous proxy adalah sebagai berikut. Seperti fungsi awalnya, anonymous proxy menyimpan laman web yang kita minta dan si proxy tanpa nama (peng-Indonesia-an yang bodoh) menjadikan laman dari situs yang kita menjadi laman si proxy tanpa nama. Ibarat kata, bunglon, ya kan?

Ada banyak pilihan anonymous proxy yang bisa kita gunakan, beberapa yang saya tahu dan terkenal di kalangan anak ilkom adalah ninjaproxy, zend2, kproxy, dan lain-lain yang tidak saya tahu. Ketika anda mengakses situs yang menyediakan penyamaran seperti ini, anda pasti akan langsung tahu bagaimana cara menggunakannya. Biasanya (ini terjadi pada ninja proxy), situs yang kita akses dengan anonymous proxy biasanya tidak powerful alias ga semua fungsi di situs itu dapat kita gunakan. Tapi kalau sekadar browsing, saya pikir itu cukup mewakili.
Jadi, kejahatan bukan hanya terjadi karena ada niat dari pelakunya tapi juga karena ada kesempatan, waspadalah waspadalah. Yang tadi ga penting. Yang penting, anonymous proxy harus kita gunakan dengan bijak sehingga pekerjaan kita pun tidak terganggu. Happy trying.

Mungkin sudah ada tulisan seperti ini sebelumnya, saya ikut menambah jumlah yang sudah ada saja. Sekalian bagi pengetahuan buat teman-teman saya.

Author: aadunjuve

Irawan semoga jadi orangtua sholeh

4 thoughts on “Anonymous Proxy”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s