Mad Shilah Sughra (qashirah) dan Kubra (Thawilah)

Mad shilah terbagi dua, yakni mad shilah sughra dan mad shilah thowilah atau thawilah..

1. mad shilah sughra, sughro, sugra, sugro atau qashirah yang dibaca dengan dua harakat atau sekitar dua ketukan. perhatikan gambar di bawah ini agar lebih jelas!

baqarah_26

Tanda berupa lingkaran merah menunjukkan mad sughro yang dibaca kira-kira seperti ini “wayahdii bihii katsiiraa”.. Penggunaan huruf “i” sebanyak dua kali menunjukkan bahwa di situ terdapat hukum bacaan yakni mad shilah sughra.

2. Mad Shilah thawilah atau mad shilah kubro memiliki hukum bacaan dibaca panjang sebanyak 5 harakat atau 5 ketukan ditahan. Contohnya bisa diperhatikan pada ayat yang sama seperti di atas yaitu surat Al-Baqarah ayat 26 yang diberi lingkaran merah.

baqarah_26

Tanda lingkaran merah agak bergeser sedikit ke kiri pada bacaan “wa maa yudhillu bihiiiii illaa”.. Saya tuliskan huruf “i” sebanyak lima kali menandakan bahwa bihi harus ditahan selama 5 harakat pada huruf hi.. Agar dapat dibedakan dengan mad shilah sughra, pada mad shilah kubra atau thawilah terdapat lengkungan agak panjang yang tampak seperti bendera.. Tanda ini menjadi petunjuk bahwa hukum bacaan yang berlaku adalah mad shilah kubra atau thawilah dengan 5 harakat..

Jadi perbedaan antara mad silah sughra dan mad silah kubro hanya terletak pada panjang harakatnya. Jika mad silah sughra atau mad shilah qashirah ditahan selama 2 ketukan sedangkan mad silah kubra atau mad silah thawilah ditahan selama 5 ketukan.

Catatan: tulisan qur’an yang saya cantumkan di atas adalah qur’an cetakan Saudi Arabia jadi terdapat sedikit perbedaan pada tulisannya walaupun hukum bacaan tetap sama.

Semoga bermanfaat, wallahua’lam…

Author: aadunjuve

Irawan semoga jadi orangtua sholeh

8 thoughts on “Mad Shilah Sughra (qashirah) dan Kubra (Thawilah)”

  1. Maaf supaya lebih jelas lagi perbedaan thowilah dg qoshiroh adalah, bila thowilah ada tanda khusus yaitu setelah HA dhomir ada huruf alif (biHI Illa) sedangkan qoshiroh setelah ha dhomir huruf hijaiyah selain alif. Smg menjadi lebih jelas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s