Penerapan Penyederhanaan Matematika

Masih ingat dengan penyederhanaan di dalam matematika? salah satu tujuan terpenting dalam penyederhanaan adalah kemudahan. Kenapa mudah (kalau lupa)? karena dengan penyederhanaan suatu bilangan (terutama) pecahan yg besar, panjang, dan rumit lebih mudah dihitung atau ditambah, dikurangi, dikali, atau dibagi dengan bilangan lain. Contoh, 1024/16 dikali 36/120, berapa hasilnya tanpa melakukan penyederhanaan terlebih dahulu? Sulit bukan (kecuali pakai alat hitung)?
 
Nah, apa pentingnya pembahasan penyederhanaan di atas dalam tulisan kali ini? Jawabannya adalah kemiripan mengenai penyederhanaan dalam matematika dengan penyederhanaan dalam kehidupan.
 
Penyederhanaan dalam kehidupan dan matematika memiliki salah satu tujuan yang sama, yaitu kemudahan. Salah satunya,bergaya hidup sederhana tanpa mempersulit diri dengan gaya hidup yang sebenarnya kita pun tak dapat mencapainya. Misalnya dengan hutang sana-sini agar bisa hidup enak dan nyaman. Kalau tujuannya untuk kesohor? wasalam deh, lebih susah lagi daripada enak dan nyaman saja. 
 
Penyederhanaan dalam cara hidup dengan mengikuti tuntunan Allah dan Rasul-Nya bagi seorang muslim. Karena tuntunan inilah yg paling sederhana dan paling mudah. Jika diibaratkan, tuntunan ini sebagai sebuah taktik sepak bola maka sudah jelas posisi sang pemain, peran yang dijalani, target yang akan dicapai, dan bahkan target yang akan dicapai bisa diketahui sebelum permainan dimulai.
Allah telah memberi tuntunan melalui Nabi-Nya agar orang yang beriman menyederhanakan hidupnya karena yang Allah nilai bukan betapa megah, besar, rumit, dll yang ada dalam hidup kita tapi Allah cuma melihat takwa. Sederhana bukan?
 
Semoga Allah memberikan pertolongan bagi kita dalam menyederhanakan hidup kita yang rumit agar menjadi mudah.
Btw, gambar ini dipakai karena pelajaran penyederhanaan sudah dimulai sejak SD loh..
Advertisements

Author: aadunjuve

Irawan semoga jadi orangtua sholeh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s