Kondangan Ajang Buang Makanan

Bismillaahirrahmaanirrahiim..

Tulisan saya kali ini hanya bersifat cerita dan ungkapan pikiran saya tentang perilaku kita dalam makan. Tanggal 27-2-2010 saudara saya menikah dan mengadakan resepsi di depan rumahnya. Saya yang diperbantukan di dalam pelaksanaan resepsi ini melihat banyak orang yang begitu rakusnya dalam mengambil makanan dan menyisakannya. Bayangkan saja, daging yang merupakan makanan mahal disisakan utuh padahal orang yang mengambil makanan itu sadar dan tidak sedang mabuk ketika mengambilnya. Saya benar-benar kesal sekali melihat hal ini, rasanya ingin memberi tahu orang itu sambil namparin. tapi tentu aja itu ga mungkin saya lakukan. T_T

Coba kita ingat lagi waktu kecil kita. Orang tua sering bilang jangan menyia-nyiakan makanan kasihan yang ga mampu. Al-Qur’an pun mengajarkan kita untuk tidak menghamburkan apapun milik kita karena boros merupakan sifat setan. Kita semua tentu sudah mengetahui hal ‘sepele’ dan ‘rendahan’ macam itu tapi mungkin sifat dasar manusia yang merupakan tempat salah dan lupa selalu mengulanginya kembali. Mungkin tulisan ini memang sepele (tanpa kutip) tapi perbuatan di dalam tulisan ini (menghamburkan makanan) bukan perbuatan sepele. Masa bodoh lah duit-duit kita mau kita apain juga terserah kita, semoga aja yang bilang seperti ini merasakan kebalikannya suatu saat nanti. biar nyahok maneh!!!

Intinya, kalo kita bikin atau ikut acara yang ada acara makan-makannya apatah lagi prasmanan, sudah seharusnya kita bisa mengukur diri. Jangan biarkan mata kita terus lapar untuk mengambil semua dan meninggalkan sisa yang banyak. Harapan saya untuk diri dan yang kebetulan liat tulisan ini, kita bisa mengajak orang lain untuk merasa cukup dengan yang sedikit (secukupnya) dan menjadi orang yang bertanggung jawab dengan makanan yang telah diambil.

alhamdulillah

Author: aadunjuve

Irawan semoga jadi orangtua sholeh

4 thoughts on “Kondangan Ajang Buang Makanan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s