Amalan (kegiatan) Ramadhan

Bismillah ar Rahman ar Rahiim

Dalam tulisan ini saya akan membahas kegiatan yang seharusnya dilakukan oleh seorang muslim dalam menjalani bulan Ramadhan. Banyak hal yang dapat kita lakukan di bulan penuh berkah dan ampunan ini, tentunya dengan melaksanakan ibadah yang diperintahkan oleh ALLOH dan Rosul-Nya meninggalkan larangan dan perbuatan yang tidak diperintahkan. Berikut ini adalah sebagian sunnah yang sering kita lewatkan di bulan puasa padahal banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Beberapa yang saya sebutkan hanya sekedar untuk mengingatkan kembali agar kita tidak lupa untuk melakukannya.

  1. Sahur. Beberapa dari kita sering melalaikan kegiatan ini karena menganggap tanpa sahur pun kita sanggup untuk berpuasa. ALLOH memberikan banyak keberkahan pada orang yang melakukan sahur walaupun hanya sahur dengan air putih. Nabi sholalloh ‘alaihi wasallam mencontohkan kepada kita untuk mengakhirkan sahur tapi sering bahkan mungkin selalu kita bertentagan dengan contoh dari Nabi kita, padahal sahur merupakan ibadah dan setiap ibadah harus sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.
  2. Melakukan ibadah sunnah. Banyak ibadah sunnah yang dapat kita lakukan di bulan puasa ini dan anda pasti sudah mengetahui ibadah-ibadah yang dapat dilakukan.
  3. Memperbanyak ‘bermain’ dengan Al-Qur’an. Kita bisa membaca, menghapal, mengkaji isinya, atau whatever lah.
  4. Tidak lalai dari mengerjakan yang wajib. Sering terdengar seseorang yang ingin melakukan tarawih secara penuh 30 hari tapi menunda shalat wajib. Padahal shalat lima waktu punya kedudukan yang lebih tinggi daripada shalat tarawih, oleh karena itu jangan pernah kita lalai dari melakukan shalat lima waktu dengan berjama’ah. Tarawih aja kita mau capek-capek jama’ah masa’ yang lima kagak???
  5. Banyakin jikir (baca: dzikir)
  6. Akhirnya sampai pada buka puasa. Kalau yang ini kayanya tidak usah dibahasa lagi deh, udah pada ahli. Menyegerakan buka adalah contoh yang diajarkan Nabi. Tapi masih ada saja yang bilang “ditunda sebentar biar lebih aman kan gak masalah.”, ini adalah pernyataan yang salah karena Nabi tidak mencontohkan yang demikian. Satu hal penting lagi, buka puasa dikit aje biar ga malas buat untuk nomor tujuh.
  7. Tarawih pada malam hari.

Untuk kegiatan yang seharusnya dilakukan ketika bulan puasa yang saya ketahui dan baru itu saja tapi insya ALLOH tujuh kegiatan yang telah saya tuliskan di atas sudah cukup untuk mengisi Ramadhan ini.

Jangan lupa juga untuk tidak pernah meninggalkan kegiatan kita yang sudah rutin seperti sekolah, kuliah, kerja, dan olah raga(biar kagak lemes).

Alhamdulillah

Allohua’lam


Author: aadunjuve

Irawan semoga jadi orangtua sholeh

1 thought on “Amalan (kegiatan) Ramadhan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s