Kesalahan-kesalahan dalam Shalat yang Umum Terjadi

Shalat adalah suatu ibadah yang telah Allah ta’ala tetapkan dan telah Rasulullah ajarkan. Jadi tidak sepantasnya (tidak boleh) kita melakukan modifikasi di dalam ibadah ini, bahkan walaupun hanya bacaan yang pendek saja.

Walaupun telah ribuan, bahkan jutaan kali melakukan sholat, terkadang seorang muslim masih ada yang melakukan hal yang tidak sesuai contoh Nabi. Malah ada yang melakukan hal yang dilarang di dalam sholat. Berikut ini saya sengaja menuliskan beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh seorang muslim dalam sholatnya.

1. Membaca niat dengan suara keras. Walaupun masih banyak perdebatan tetapi alangkah baiknya bagi seorang muslim meninggalkan yang diperdebatkan.

2. mengangkat tangan ketika takbir tidak sampai bahu maupun telinga. Jadi seseorang mengangkat tangan hanya sampai perutnya saja. padahal buku tuntunan shalat paling jadul pun menerangkan sampai telinga, nah bahu saja tidak sampai apalagi telinga.

3. meletakkan tangan di bawah pusar. Kebanyakan orang di indonesia bilang kalau mereka bermadzhab Syafii. padahal imam Syafi’i tidak meriwayatkan yang seperti ini. Jadi sebaiknya letakkan di dada atau perut bagian atas.

4. rukuk yang tidak lurus. Rasulullah mencontohkan bahwa rukuk atau ruku’ harus lurus. Tapi masih banyak kaum muslim yang rukuk dengan punggung yang cembung (bungkuk). rukuk yang baik itu dengan meluruskan punggung.

5. sujud yang bungkuk. Seringkali terlihat di kalangan kaum muslim ketika shalat adalah sujud yang tidak meluruskan punggung. Seharusnya punggung diluruskan karena itu adalah shalat yang dicontohkan oleh Rasulullah.

6. Sujud dengan lengan menempel di lantai. ini adalah gerakan sholat yang dilarang oleh Nabi Muhammad karena gerakan ini menyerupai anjing yang sedang tengkurap. namun entah kenapa masih banyak kaum muslim yang melakukan hal yang dilarang ini???

7. tidak tuma’ninah di setiap gerakan. tuma’ninah ataupun diam sejenak merupakan suatu keharusan di dalam shalat. gerakan yang tenang dan berhenti sejenak agar memungkinkan kita bisa shalat dengan khusyuk. dan masalah diam sejenak ini sering dilupakan oleh kaum muslim, bahkan oleh muslim yang sudah mengetahuinya.

kesalahan-kesalahan yang saya tuliskan ini berdasarkan apa yang saya lihat ketika shalat di masjid, musholla, dan tempat-tempat lain.

tulisan ini hanya sekedar bahan koreksi dan renungan agar bisa menjadi manfaat bagi saya dan yang membacanya. mohon maaf bila ada kesalahan karena minimnya ilmu yang saya miliki dan tanpa penyertaan dalil.

Author: aadunjuve

Irawan semoga jadi orangtua sholeh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s